PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Info Pendidikan » PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL (PNFI) JEMBATAN EMAS BAGI MASYARAKAT DI INDONESIA

PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL (PNFI) JEMBATAN EMAS BAGI MASYARAKAT DI INDONESIA

Pendidikan nonformal dan informal selayaknya terus berkembang lebih baik lagi dengan membuka program yang dapat membantu masyarakat walaupun saat ini sudah dikatakan baik dan sangat membantu. Karena PNFI lah salah satu jalur pendidikan yang akan membuka tabir kegelapan dari kebutuhan masyarakat yang membutuhkannya. Salah satu contoh pada masyarakat buta aksara, siapa yang akan peduli kalau bukan dari PNFI, rasanya tidak mungkin bila tidak melalui wadah suatu lembaga ada masyarakat langsung merekrut akan melakukan pembinaan serta kegiatan pembelajaran, bila ada mungkin perbandingannya hanya sedikit persen saja.

Dengan adanya program buta aksara seperti seperti obor di tengah kegelapan bagi masyarakat buta aksara, karena dengan tidak mengetahui tentang, bacaan, tulisan, serta hitungan akhirnya terbuka serta mengetahuinya sama halnya dengan masyarakat yang berpendidikan. walaupun tidak mencapai tingkat kesempurnaan tetapi rasa kepercayaan diri akan timbul dan merasa sangat dihargai.

Selain dari program buta aksara,PNFI menyelenggarakan kesetaraan seperti Paket A, B, dan C. dengan adanya program tersebut tampak jelas membantu masyarakat dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk melanjutkan di pendidikan formal atau masyarakat yang memiliki kendala saat di pendidikan formal. Dengan realita seperti itu tentunya PNFI merupakan pendidikan yang perlu lebih diperhatikan dari berbagai pihak. Bila kita sadari coba kita bisa perhatikan siapa yang memperhatikan masyarakat yang memiliki keterbatasan baik dari segi ekonomi ataupun kemampuan tentunya PNFI. Program PNFI tidak hanya itu saja, tetapi masih banyak yang lainnya.

Oleh karena itu, menurut saya Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) adalah jembatan emas bagi masyarakat, karena membuat masyarakat menjadi berharga dan bernilai jual, tidak lagi menjadi masyarakat yang dianggap tidak berguna.

Kepada pembaca mohon maaf karena masih banyak kata-kata atau tulisan yang kurang berkenan serta masih banyak kalimat yang tidak sesuai EYD.

Ditulis oleh : Samsi Ket. Pkbm Berlian