PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Saya Berbagi » Melakukan Pembiasaan Siswa SD untuk Menghapal Perkalian Sebelum KBM Berakhir

Melakukan Pembiasaan Siswa SD untuk Menghapal Perkalian Sebelum KBM Berakhir

Setelah dilakukannya observasi, evaluasi, tanya jawab tentang perkalian pada umumnya siswa yang saya ajar belum mampu menjawab bila diberikan pertanyaan tentang perkalian. Dari hasil observasi, evaluasi, dan tanya jawab tersebut maka saya melakukan suatu kegiatan pembiasaan dengan  hapalan perkalian sebelum kegiatan pembelajaran diakhiri. Saya memulai dari perkalian terendah agar siswa menghapalnya yaitu dari 1 x 1, setelah hapal dilanjutkan dengan bilangan yang lebih besar sampai perkalian 10. Setelah dilakukannya pembiasaan tersebut setiap hari tampak perubahan dari siswa tidak terlalu kebingunan saat ditanyakan tentang perkalian. Oleh karena itu saya membagi pengalaman saya ini semoga bagi guru-guru di Sekolah Dasar atau pun yang mengharapkan siswa didiknya lebih meningkat hasil belajarnya tentang perkalian dapat melakukan pembiasaan ini dan pengalaman saya ini semoga bermanfaat, amiin.