PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Saya Berbagi » Guru tidak mengabsen siswa saat mengajar dapat mengurangi disiplin siswa

Guru tidak mengabsen siswa saat mengajar dapat mengurangi disiplin siswa

Kadang kita sebagai seorang guru melupakan sesuatu yang kecil tapi berdampak besar pengaruhnya terhadap siswa. Apa itu ?  Mengabsen siswa. Saya ambil contoh bila guru tiba di kelas langsung memberikan materi tidak memperhatikan kehadiran siswa maka siswa yang tidak hadir tidak akan terkontrol serta akan menimbulkan perasaan  gurunya kurang perhatikan. Bisa jadi siswa yang tahu kalau gurunya tidak menanyakan akhirnya siswa yang lain dapat terpancing bila tidak berangkat sekolah  seenaknya saja.

Kasus ini terjadi pada saya, sebulan saya tidak pernah mengabsen siswa. Setiap harinya tiba di kelas langsung saya memberikan materi, ternyata beberapa anak sudah 2 minggu tidak pernah masuk sekolah, ketahuannya saat bertemu dengan orang tuanya yang minta maaf, kalau anaknya tidak berangkat sekolah sudah 2 minggu. Mendengar informasi itu saya sangat terperanjat dan sangat malu pada diri sendiri dan orang tua murid tersebut. Karena saya telah melalaykan tanggung jawabku sebagai seorang guru yang semestinya tahu akan anak didiknya.

Uraian  di atas adalah pengalaman yang semestinya tidak dilakukan oleh saya, Akhirnya saya bersyukur telah menyadari kesalahan yang dilakukan.

Oleh karena itu semoga pengalaman kurang baik yang pernah saya lakukan tidak pernah dilakukan oleh teman-teman guru yang lain. Karena bukti bahwa tidak mengabsen saat mengajar siswa jadi kurang disiplin serta kurangnya perhatian terhadap motivasi belajar.