PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Info Paud » Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain(Kober) Bagian Pendahuluan

Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain(Kober) Bagian Pendahuluan

A. Latar Belakang

Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 mengamanatkan agar pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuahan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang.

Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) adalah “suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut” (pasal 1, butir 14). Disebutkan lebih lanjut dalam pasal 28 UU tersebut antara lain bahwa PAUD diselenggarakan dalam jalur pendidikan formal, nonformal dan informal. Dalam hal ini Kelompok Bermain merupakan salah saru satuan PAUD jalur pendidikan nonformal [ Pasal 28 ayat (4) ].

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2005, PAUD Nonformal berada di bawah pembinaan Direktorat PAUD, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah (Ditjen PLS). Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Direktorat PAUD, Direktorat PAUD berkewajiban menyiapkan berbagai pedoman yang bisa dijadikan acuan masyarakat yang akan menyelenggarakan PAUD Nonformal, termasuk Kelompok Bermain. Pedoman-pedoman tersebut tentunya yang didasarkan pada kebijakan pemerintah dibidang PAUD, baik yang dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah(RPJM) maupun Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).

Kebijakan Depdiknas di bidang PAUD, termasuk PAUD Nonformal adalah : (1) mengungatkan pemerataan dan akses layanan PAUD; (2) meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing PAUD, (3) serta meningkatkan good governance, akuntabilitas dan perencanaan yang positif dibidang PAUD. Untuk itu maka perlu adanya pedoman yang sekurang-kurangnya berisi tentang apa, mengapa dan bagaimanan PAUD Nonformal, khsusunya PAUD Nonformal yang berbentuk Kelompok Bermain.

B. PENGERTIAN

  1. Kelompok Bermain adalah salah satu bentuk PAUD pada jalur pendidikan non-formal (PAUD Non Formal) yang menyelenggarakan program pendidikan sekaligus program kesejahteraan bagi anak sejak lahir sampai dengan enam tahun ( dengan prioritas anak usia sampai dengan empat tahun).
  2. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain merupakan acuan minimal yang perlu diperhatikan dalam keseluruhan proses penyelenggaraan pendidikan di Kelompok Bermain.

C. DASAR HUKUM

  1. Undang-undang Dasar 1945
  2. Undang-undang Nomor 4 Tahun 1974 tentang Kesejahteraan Anak
  3. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pasal 4 dan pasal 8
  4. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2004-2009
  7. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Departemen Pendidikan Nasional
  8. Rencana strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009

D. TUJUAN PEDOMAN

Tujuan disusunnya Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain ini adalah:

  1. Untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang PAUD Nonformal, khususnya yang berbentuk Kelompok Bermain.
  2. Untuk memberikan acuan kepada masyarakat mengenai proses pendidikan anak usia dini yang harus dipenuhi dalam Kelompok Bermain.

Sumber :Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini 2006