PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Renungan » Tentukan Tujuan Hidupmu

Tentukan Tujuan Hidupmu

Tidak sedikit orang yang menempuh hidupnya tanpa tujuan jelas dan tanpa cita-cita istimewa. Padahal tujuan hidup dan cita-cita khusus itu dapat memotivasi untuk mencapai puncak kebahagiaan. Karena hidup tidak punya tujuan, maka keadaannya tidak pernah berubah. Urat sarafnya yang keras tidak pernah kendor. Permasalahannya tak pernah dipecahkan karena mereka tidak mampu menemukan jalan keluar. Selamanya ia hidup dalam keadaan yang tidak menyenangkan. Seringkali mengalami kekecewaan.

Setiap hari mereka berjalan dengan kekuatannya untuk memenuhi keinginan nafsunya; yang sesungguhnya ia senditi tidak senang dengan masalah itu, tetapi terpaksa dilakukan karena sudah menjadi sesuatu yang rutin.

Engkau tidak mungkin dapat menggapai kebahagiaan dengan cara seperti itu. Sebab kebahagiaan hidup dapat dicapai dengan motivasi dan kerja keras.

Agar dapat mencapai puncak kebahagiaan, hendaknya engkau tentukan tujuan hidupmu, menentukan cita-cita dan harapan. Selanjutnya engkau harus mewujudkannya dengan cara bekerja keras tanpa kenan lelah, disertai doa dan harapan bahwa Allah swt, mengabulkannya.

Sadarilah, bahwa Allah swt. menciptakan dirimu tidak hanya sekedar untuk mengisi kekosongan, atau menjadi beban orang lain. Namun engkau diciptakan agar beribadah kepadaNya secara ikhlas. Ikut mengambil bagian dalam percaturan hidup, dan bermanfaat kepada orang lain.

Allah swt, menciptakan manusia untuk menyembah dan taat kepadaNya secara ikhlas. “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka menyembahku.” QS.adz-Dzariyat 56.

Allah menciptakanmu agar dirimu bisa menjadi bagian dari mereka yang meramaikan jagad raya dan menjadi khalifah di muka bumi, sebagaimana firmanNya dalan QS. al-Baqarah 30 yang artinya : Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: ” Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi ,” Mereka berkata:”Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman:”Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”(QS.al-Baqarah 30]

Karena itu tujuan hidupmu adalah mencapai kebahagiaan, di dunia dan akherat, Caranya, engkau harus memujudkannya dengan berikhtiar dan dengan harapan, bahwa Allah mengabulkannya.

Dikutif dari buku”Menjadi Manusia Ma’rifat Hal:239-241.