PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Artikel » Untuk Guru Cukup 2 Soal Memberi Tugas PR

Untuk Guru Cukup 2 Soal Memberi Tugas PR

Melalui tulisan sederhana ini saya akan berbagi pengalaman tentang memberi tugas PR kepada anak didik cukup  2 soal, kalau menurut pembaca bermanfaat saya bersyukur kalaupun tidak ini sekedar berbagi pengalaman yang saya lakukan.

Pada awalnya setiap saya selesai mengajar pasti anak didik saya diberi tugas PR 10 sampai 20 soal dengan harapan apa yang telah saya berikan hasilnya lebih maksimal. Setelah saya lakukan terus menerus ternyata ada dampak kurang baik terhadap siswa salah satunya anak tidak berangkat sekolah, tugasnya belum selesai, yang dapat menyelesaikan tugaspun masih bingung saat di tes ulang di sekolah.

Jumlah soal yang saya berikan kepada anak didik saya kurangi 10 soal, hasilnya tetap dan siswa menjadi tambah bingung. Dari pengalaman hasil belajar siswa tersebut akhirnya saya rubah pola tentang pemberian tugas PR dengan jumlah hanya 2 soal.

Jumlah 2 soal tetapi hasil memuaskan buat saya karena soal yang diberikan kepada anak dapat diulang beberapa kali sampai siswa memahami benar daripada memberi soal 10 atau 15 soal  tidak dapat mengulas kembali karena membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Dari pengalaman saya tersebut saya ambil kesimpulan sementara  bahwa dengan jumlah soal sedikit dapat memaksimalkan hasil belajar siswa dikarenakan waktu untuk mengulas pelajaran lebih banyak, beban siswa tidak terlalu berat. Akhirnya siswa merasa enjoy dan belajarpun tetap semangat.

Yang lebih memperkuat saya yaitu Dari hasil evaluasi dengan jumlah soal yang sedikit siswa yang mencapai nilai KKM tersebut 85 % untuk sementara saya anggap cukup dari pada sebelumnya hanya 40 % saja.

Kami sampaikan permohonan maaf bukan kami menggurui tapi ini hanya berbagi, Semoga bermanfaat.