PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Artikel » Masa Remaja masa keemasan Fase ke dua

Masa Remaja masa keemasan Fase ke dua

Manusia adalah makhluk hidup yang terus berubah baik fisik maupun psikis, perubahan tersebut terbagi kedalam beberapa fase dari bayi,masa anak usia dini (pra sekolah), anak-anak,remaja, dan sampai mencapai kedewasaan.

Dilihat dari perkembangannya, masa anak usia dini (pra sekolah) adalah masa keemasaan fase pertama (awal) yang harus benar-benar di isi jiwanya dengan hal-hal positif agar mengahsilkan positif pula, dan saat memasuki fase  anak-anak sudah siap segalanya baik fisik maupun psikis.

Setelah melewati masa anak-anak masuklah ke masa remaja (fase remaja) usia ini diantara 13 tahun sampai dengan 19 tahun. Bila anak-anak sudah memasuki masa remaja akan tampak perubahan yang signifikan baik dilihat dari fisik (pertumbuhan badan) maupun psikisnya( perkembangan pemikirannya), ditambah lagi saat ini telah memasuki era globalisasi, yang didalamnya banyak sekali pengaruh-pengaruh yang dapat merusak masa remaja.

Masa Remaja dilihat dari cara berpikir akan lebih banyak ke arah berpikir negative dibandingkan dengan berpikir positif. Karena masa ini masa dimana remaja ingin menunjukkan dirinya sebagai manusia yang hidup dimuka bumi ini. Dan ingin menunjukkan kepada rekan-rekan remaja yang lain bahwa dirinyalah yang memiliki kelebihan dari rekan-rekannya. Dibalik semangat diri untuk merubah segalanya kadang-kadang tidak menyadari akibat yang di lakukannya, sehingga akhirnya berdampak pada remaja tersebut mengalami kegagalan untuk mencapai masa kedewasaannya.

Menurut versi saya bahwa remaja merupakan fase keemasaan kedua dilihat dari fisik dan psikisnya.Karena berhasil atau tidaknya untuk mencapai kedewasaan yakni di masa remaja. Yang menjadi dasar saya menulis bahwa masa remaja masa keemasan fase kedua itu di bawah ini saya akan tuliskan beberapa remaja yang dikategorikan remaja gagal diantaranya:

  • Memulai untuk mencoba merokok dan sampai pada narkoba
  • Mencoba untuk menjadi pemabuk
  • Mencoba untuk melakukan jinah/ berhubungan seksual
  • Hamil sebelum menikah padahal masih sebagai anak sekolah

Dari ketiga contoh remaja yang melakukan hal-hal negative tersebut yang akan menjadi dirinya gagal untuk mencapai kedewasaan.

Oleh karena itu masa remaja merupakan jembatan berhasil atau tidaknya masa dewasa. Modal untuk mencapai kedewasaan optimal adalah melakukan terus kegiatan positif di saat remaja.