PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Artikel » Fungsi Perpustakaan Sekolah

Fungsi Perpustakaan Sekolah

  1. Fungsi Edukatif : yang berarti perpustakaan harus mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan daya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam cara menggunakan bahan pustaka dengan baik.
  2. Fungsi Informatif, yang berarti perpustakaan harus mampu menyediakan bahan yang beraneka ragam,bermutu, dan up to date yang di susun secara sistematis, untuk memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.
  3. Fungsi Administratif, yaitu bahwa perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.
  4. Fungsi Rekreatif, yaitu perpustakaan di samping menyediakan buku-buku pengetahuan perlu juga menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif yang bermutu yang dapat digunakan oleh para pembaca untuk mengisi waktu luang/senggang.
  5. Fungsi Reseach (Penelitian), yakni bahwa perpustakaan merupakan sarana yang dapat memberikan berbagai informasi untuk kepentingan penelitian.