PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Renungan » Sekedar bertanya,Terima BLSM 150rb, Sebagian dibagikan sudah sesuai aturankah?

Sekedar bertanya,Terima BLSM 150rb, Sebagian dibagikan sudah sesuai aturankah?

Kami selaku masyarakat karena ketidak mengetiannya tentang BLSM akhirnya bertanya-tanya karena masyarakat berbondong-bondong ke kecamatan untuk mengambil bagian yaitu BLSM.

Kepenasaran kami akhirnya terjawab oleh seorang ibu yang saya tanya, berapa jumlah BLSM yang diterima oleh ibu? 300 ribu rupiah cuma yang diterima 150 rb. Kemudian saya bertanya kembali, yang 150 ribunya kemana bu? jawab si ibu tersebut di kumpulkan oleh desa untuk dibagikan ke masyarakat yang tidak mendapat kartu BLSM, selanjutnya saya bertanya kembali, potongan tersebut hasil rapat tidak bu? jawab si ibu tersebut katanya sih rapat cuma saya tidak tahu rapatnya.

Dari hasil pertanyaan tersebut saya akhirnya bertanya-tanya, apakah uang yang terkumpul dari potongan itu akan tersalurkan kemasyarakat yang tidak mendapatkan kartu BLSM? Ini yang membuat saya khawatir barangkali ada ada penyalahgunaan, kalau benar ya syukur, sehingga masyarakat yang tidak mendapat kartu BLSM merasakan juga, tetapi sebaliknya bagaimana kalau uang tersebut tidak terarah, ini artinya penyalahgunaan yang perlu ditindak, kalau dihitung jumlah uang tersebut tidak sedikit, kita kalikan saja 150 rb dikali 600 kartu saja sudah berapa jumlahnya 90 juta an. Tidak sedikit!!!

Oleh karena itu kami berharap kepada pemerintahan desa (Gumulunglebak), agar benar-benar uang yang dikumpulkan jangan sampai terjadi penyalagunaan dan diselewengkan, atau lebih akan terbuka bila jumlah masyarakat yang menerima pembagian perhitungannya diinformasikan dan jumlahnya jelas.

Tulisan ini sekedar keperihatinan kenapa bisa terjadi seperti ini, apakah saat pendataan atau uangnya tidak ada.