PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Uncategorized » Sejarah Baru Kuwu Gumulunglebak Berasal Dari Dusun 2 Kebondalem

Sejarah Baru Kuwu Gumulunglebak Berasal Dari Dusun 2 Kebondalem

Sejak adanya nama Desa Gumulunglebak lebih kurang seratus tahun silam sejarah tentang kuwu di gumulunglebak yang tercatat belum pernah ada pemimpin Desa (kuwu) berasal dari Dusun 2 Kebondalem.

Tahun 2013 merupakan sejarah baru bagi desa Gumulunglebak, hal itu dikatakan baru karena kandidat calon kuwu yang berasal dari dusun 2 kebondalem akhirnya terpilih sebagai kuwu di Gumulunglebak.

Mendengar adanya kuwu terpilih dari dusun 2 kebondalem bagi masyarakat sedikit membuat kaget karena sebagian masyarakat hampir semua mendengar bahwa ada sebuah mitos yang berkembang bahwa tidak akan pernah ada kuwu di Gumulunglebak yang berasal dari masyarakat dusun 2 kebondalem.

Mitos yang berkembang itu bahwa setiap calon kuwu yang melintasi sungai cikanci tidak akan terpilih yang terpilih hanya sebelah utara sungai cikanci. Dengan adanya Suara mitos yang berkembang timbilah keinginan semua masyarakat Gumulunglebak untuk membuktikannya. untuk membuktikan tersebut dengan cara menyatukan hati, untuk memilih kandidat dari dusun 2 kebondalem. Kebulatan tekad dan keyakinan membuahkan hasil di tepatnya tanggal 15 Agustus tahun 2013 kandidiat calon kuwu dari dusun 2 kebondalem akhirnya terpilih dengan hasil yang memuaskan.

Dari uraian tersebut di atas dapat kami simpulkan bahwa untuk memenangkan suatu perjuangan harus adanya persatuan dan kesatuan, dan berkembangnya mitos di Gumulunglebak tersebut merupakan politik kekuasaan. Saat ini sudah tidak ada lagi mitos tersebut, oleh karena itu siapapun masyarakat Gumulunglebak yang memenuhi syarat berhak di pilih dan memiliih untuk menjadi seorang pemimpin (kuwu) di Gumulunglebak.

Selain itu tulisan ini merupakan peringatan bagi kita bahwa transparansi dalam berdemokrasi akan menghasilkan suatu kebaikan bukan permasalahan. Dan tidak lupa kepada kuwu terpilih mohon untuk menjalankan amanah dari masyarakat ini dengan sebaik-baiknya. Selain itu perbaiki yang buruk lanjutkan yang baik. Mari wujudkan bersama Gumulunglebak akan adanya perubahan baik di segala bidang. Amiin.

Harapan dari penulis semoga tulisan ini bermanfaat khusunya bagi penulis dan umumnya bagi masyarakat Gumulunglebak.

Copy of DSC_0007