PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Uncategorized » Siap-siap UN Paket B,C sistem CBT

Siap-siap UN Paket B,C sistem CBT

Sedikitnya ada dua perubahan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini. Selain tidak lagi menjadi syarat utama kelulusan, pemerintah juga menginisiasi program UN berbasis komputer atau computer based test (CBT)

UN CBT ini serupa dengan sistem computer assisted test (CAT) pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dilansir laman Kemendikbud, sistem CBT sendiri akan bermanfaat untuk memperlancar proses pengadaan UN serta meningkatkan mutu, fleksibilitas dan kehandalan UN. Nantinya, UN dapat dilaksanakan kapan saja dan tidak selalu serentak dengan soal ujian yang setara dengan UN konvensional menggunakan bundel soal dan lembar jawaban.

CBT juga memberikan hasil yang lebih cepat dan detail kepada siswa, orangtua dan sekolah. Seperti pada CAT CPNS, peserta UN CBT dapat langsung mengetahui nilai mereka di akhir ujian.

Tahun ini Kemendikbud mulai merintis pelaksanaan UN CBT dengan target beberapa sekolah pada setiap jenjang di setiap provinsi. Di tahun-tahun berikutnya, Kemendikbud bermaksud memperluas jangkauan UN CBT di 34 provinsi. Sistem tersebut juga akan dipakai pada UN di jenjang SMP/sederajat, SMA/sederajat, serta ujian Paket B dan C.

Saat ini Kemendikbud sedang memverifikasi data 862 sekolah yang akan mengikuti UN CBT. Pelaksanaan UN CB dijadwalkan pada 7-22 April 2015.

https://www.pengumumancpns.com/soal-cpns-cat/tak-cuma-seleksi-cpns-un-pun-pakai-komputer.html