PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Uncategorized » UJIAN NASIONAL PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (SETARA SMA)

UJIAN NASIONAL PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (SETARA SMA)

Peserta UNPK Paket C Tahun 2015

Peserta UNPK Paket C Tahun 2015

sekvy penyelenggara & peserta di SMKN LA

sekvy penyelenggara & peserta di SMKN LA SELESAI UNPK 2015

Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) merupakan suatu uji kompetensi bagi siswa pendidikan Kesetaraan yang dilaksanakan secara Nasional oleh pemerintah. Tujuannya ingin mengetahui seberapa jauh hasil peserta didik rata-rata nasional.

Pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini berbeda dilihat dari tujuannya, sebelumnya Ujian Nasional merupakan faktor utama kelulusan peserta didik dari sebuah jenjang pendidikan. Untuk tahun ini yang menjadi penentu layak lulus atau tidak peserta didik dari hasil prestasi belajar di sekolah sehingga yang menentukan adalah sekolah. Bagaimana dengan pendidikan kesetaraan, tidak berbeda yang menjadi penentu kelulusan adalah di Dinas Pendidikan Kab/Kota yang dilakukan pleno antara Dinas Pendidikan,PKBM,dan IPI.

Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C (Setara SMA) telah dilaksanakan sejak tanggal 13-16 April 2015. Peserta didik di PKBM BERLIAN yang mengikuti ujian tahun ini berjumlah 42 siswa, tempat pelaksanaan UNPK di SMK Negeri Lemahabang. Setiap tahunnya PKBM BERLIAN meluluskan peserta didik pendidikan Kesetaraan Paket C tidak kurang dari 40 siswa.

PKBM BERLIAN terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk peserta didiknya sebagai jembatan penghubung tercapainya harapan dan cita-cita peserta didik walaupun masih banyak masyarakat yang beranggapan kurang positif terhadap lulusan dari pendidikan kesetaraan.

Ketua Penyelenggara PKBM BERLIAN berharap kepada seluruh masyarakat agar menghargai lulusan dari pendidikan kesetaraan karena keberadaan pendidikan kesetaraan merupakan wujud kepedulian pemerintah dan pemberian hak sebagai warga negara untuk mendapatkan pendidikan sepanjang hayat. Selain itu sudah jelas tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pada penjelasan Pendidikan Non formal yang memperjelas penjabaran pendidikan kesetaraan.

Penulis: Samsi,S.Pd.

%d blogger menyukai ini: