PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Artikel » LEGALITAS PKBM PERLU DIPERHATIKAN

LEGALITAS PKBM PERLU DIPERHATIKAN

PKBM menjamur dimana-mana dari kota sampai ke pelosok desa, berdasarkan data dari bindikmas.kemdikbud.go.id/nilem/ di Jawa Barat ada 1.649 lembaga. Jumlah tersebut menurut saya tidak sedikit sehingga upaya menyelesaikan tentang permasalahan pendidikan di masyarakat  akan segera selesai.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Arti Kata Legalitas le.ga.li.tas Nomina (kata benda) perihal (keadaan) sah; keabsahan. Menurut saya legalitas itu dapat diartikan tidah hanya sah dalam arti perijinan tetapi perlu semuanya memenuhi syarat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini saya mengkaitkan dengan legalitas PKBM, jumlah yang ada dan tercatat tersebut apakah sudah sesuai dengan standar atau belum, yang mengacu pada delapan standar pendidikan nasional.

Mengapa saya sampaikan karena dikhawatirkan secara tertulis benar namun dilapangan tidak memenuhi standar, yang akhirnya tujuan pendidikan nasional tidak tercapai. Untuk itu saya berharap dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan khususnya jalur pendidikan non formal perlu legalitasnya di perhatikan sampai di lapangan. Dengan demikian antara catatan dan fakta akan terjadi sinkron.

Mari kita belajar bersama membangun pendidikan tidak setengah hati, tetapi keluar dari sanubari yang paling dalam dengan tujuan beribadah amaliyah dalam rangka mencari ridho Allah.