PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Artikel » MASUK SEKOLAH BUKAN TUJUAN AKHIR

MASUK SEKOLAH BUKAN TUJUAN AKHIR

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa segala sesuatu tergantung pada niat. Niat baik ya hasilnya baik dan sebaliknya niat buruk ya hasilnya juga buruk. Kali saya sering mendengar dari para orang tua peserta didik tujuan sekolah merupakan tujuan agar dapat bekerja baik di perusahaan swasta ataupun pegawai negeri. Pernyataan orang tua tersebut saya artikan bahwa sekolah adalah tujuan akhir.

Menurut saya, pernyataan di atas dari orang tua tersebut tidak tepat, Sekolah merupakan tempat dimana kita mencari ilmu dan pengetahuan dan bila lulus mendapatkan selembar kertas yang namanya Ijazah. Pertanyaannya apakah dengan memiliki Ijazah pasti bekerja di di perusahaan atau menjadi pegawai negeri? Coba kita merenung sedikit dan tengok tetangga kanan kiri kita,  benarkah yang memiliki Ijazah semuanya bekerja? Tentu jawabannya tidak, karena tidak sedikit orang yang memiliki ijazah dalam kehiupannya ada yang menjadi pedagang, petani, bahkan sampai tidak punya pekerjaan yang tetap. Kalau begitu berarti sekolah bukan tujuan akhir tetapi sekolah merupakan tujuan sementara, karena berijazah tidak mesti harus bekerja di perusahaan atau menjadi pegawai negeri.

Dari uraian di atas dapat saya simpulkan bahwa janganlah sekolah dijadikan niat untuk bekerja tetapi sekolah niatnya menuntut ilmu, dan bekerja itu setelah lulus sekolah tinggal kita mencarinya. Dengan demikian bila niat sekolah bukan untuk bekerja maka tidak menjadi sebuah beban apabila setelah lulus sekolah pekerjaan yang kita terima tidak sesuai dengan Ijazah kita.