PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Artikel » MENEPIS PERDAGANGAN UANG DI MASYARAKAT MELALUI UNIT USAHA SIMPAN PINJAM DI PKBM

MENEPIS PERDAGANGAN UANG DI MASYARAKAT MELALUI UNIT USAHA SIMPAN PINJAM DI PKBM

Kebutuhan masyarakat semakin meningkat dengan naiknya berbagai macam kebutuhan pokok, sehinggan masyarakat berupaya untuk mencari solusi dengan berdagang sesuai dengan keahliannya atau berusaha lain dengan tujuan mendapatkan penghasilan. Dengan tidak berpikir jauh kedepan yang penting mendapatkan modal akhirnya cari solusi mudah dengan meminjam pinjaman modal dengan cara pengembalian harian. Alasannya tidak perlu ada persyaratan-persyaratan yang perlu diselesaikan dan untuk persyaratannya pun tidak dimiliki ungkapnya.

Penulis perhatikan banyak kasus yang terjadi dengan cara meminjam uang dalam bentuk seperti itu, karena modal yang diterima langsung dikembalikan kepada yang punya, sehingga untuk belanja berikutnya sudah habis karen dikembalikan ditambah dengan jasa yang begitu besar. Tidak sedikit yang akhirnya pergi meninggalkan kampung halaman karena dikejar seseorang yang telah memberikan pinjaman, yang lebih parah lagi sampai rumahnya siap untuk di jual. Ini bukan fiktif tetapi realita yang terjadi dan penulis mengetahui dengan jelas.

Dari kejadian-kejadian yang penulis perhatikan akhirnya berupaya sedikit-demi sedikit mengumpulkan masyarakat untuk mendirikan sebuah unit usaha yang dikomdoi oleh penyelenggara PKBM (penulsi), pertama yang dapat untuk diajak dan mau bergabung hanya 8 orang dari sekian ratus masyarakat yang saya ajak. Alasannya tidak mengerti dan takut kalau uangnya akan hilang.

Pada pertengahan tahun 2009 tepatnya 1 agustus 2009 dimulailah unit simpan pinjam di PKBM BERLIAN di dirikan dengan mengacu kepada sistem perkoperasian yaitu setiap anggota harus menyimpan simpanan wajib dan simpanan pokok. Dari tahun ke tahun akhirnya masyarakat mulai memahami manfaatnya dan beberapa pedagang yang sebelumnya meminjam uang untuk modal usahanya kepada bank harian akhirnya beralih kepada unit usaha simpan pinjam di PKBM BERLIAN dan sampai saat ini jumlah anggota masyarakat yang sudah mengetahui manfaat dan hasilnya 48 orang. Bagaimana caranya; cara yang dilakukan yaitu dari ,oleh dan untuk kesejahteraan anggota,

Pengalaman di atas yang dilakukan di PKBM BERLIAN bisa untuk dijadikan sebagai referensi. Sehingga PKBM pun berperan tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan intinya menepis perdagangan uang yang dapat membebankan kehidupannya.

Semoga bermanfaat.