PKBM "BERLIAN" CIREBON

Beranda » Biografi » SEJARAH PKBM

SEJARAH PKBM

Sejarah Singkat Berdirinya

PKBM “BERLIAN”CIREBON

Sekitar tahun 2007 tepatnya di dusun 2 kebondalem Desa Gumulunglebak pada motivasi terhadap bidang pendidikan tergolong sangat memprihatinkan terbukti masih rendahnya yang mengikuti program wajardikdas dan belum ada lembaga pendidikan yang menangani bidang pendidikan jalur non formal. Padahal dilihat manfaatnya sangat membantu pendidikan formal, bagi masyarakat yang berekonomi rendah, serta bagi masyarakat yang membutuhkan penyetaraan pendidikan karena adanya tuntutan dari instansi di tempat kerjanya.

Masyarakat Gumulunglebak pada umumnya berpenghasilan dari pertanian, buruh lepas, pedagang, dan hanya sedikit sekali yang menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sehingga dalam kesadaran meningkatkan pendidikan untuk anak-anaknya masih rendah saat itu.

Mata pelajaran agama di Pendidikan Formal (SD) hanya 2-3 jam pelajaran atau 3 x 40 menit permimggunya, selain dari itu pada siang hari anak-anak SD setelah pulang dari sekolah tidak digunakan untuk belajar yang ada hanya bermain baik ke kebun atau ke sawah, dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak negative karena kurangnya pendalaman pada pendidikan keagamaan.

Dari paparan kejadian di atas akhirnya kami memutuskan untuk menyelenggarakan salah satu lembaga pendidikan nonformal bidang keagamaan. Lembaga pendidikan Non formal yang pertama diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) “BERLIAN” yaitu Madrasah Diniyah (MD) atau sekarang disebutnya Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) tepat bulan juli tahun 2007 dengan kerjasama menempati gedung Sekolah Dasar Negeri 2 Gumulunglebak.

Selanjutnya pada tahun 2008 agar anak-anak usia SD meningkat dalam pemahaman Al-Qur’an maka didirikannya lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an yang diharapkan memasuki era globalisasi ini anak usia SD sudah mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan aturan.

Kami terdorong kembali untuk mendirikan lembaga yang melayani anak usia dini, karena anak usia dini adalah masa kekemasan yang perlu diberikan pengetahuan serta melatih motoriknya agar nanti memasuki jenjang pendidikan berikutnya tidak akan ketinggalan serta sudah mampu menyesuaikan diri di lingkungan tempat belajarnya. Maka pada bulan Juli  2008 dibukanya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) dan mulai mendapatkan legalitas dari UPT Pendidikan Kecamatan Greged di bulan Januari 2009. Maksud dan tujuan didirikan PAUD tersebut membantu masyarakat yang ingin menyekolahkan pada jalur pendidikan setingkat TK sedangkan biaya tidak mampu, dan juga di wilayah kami sangat banyak usia antara 3 -6 yang masih belum bersekolah akhirnya kami membukanya lembaga paud kober tersebut. Dan PKBM “BERLIAN” mendapatkan legalitas pertama dari Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon sejak bulan april 2010. Ijin Operasional No.421.10/3941.2/Disdik Nomor Induk Lembaga No:32.1.07.4.2.0023/32.1.07.0038.4.0.0001 Akte Pendirian No.6 Notaris Nemi,SH Tanggal 4 November 2010.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s