PKBM "BERLIAN" CIREBON

Galeri

Selamat Hardiknas 2 Mei 2020 “ Jadikan Covid 19 sebagai hikmah, pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia.”


Selamat Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2020

Pendidikan saat ini berduka dengan adanya wabah covid19, bagaimana tidak semua aktifitas pendidikan terhenti baik jalur formal maupun nonformal. Entah sampai kapan pendidikan berlangsung seperti ini. Semua focus terhadap wabah, pikiran tenaga, biaya sehingga masyarakat sudah mulai merasakan dampaknya.

Bagaimana dengan hari pendidikan nasinal tahun 2020 ini, sebagai penulis hanya merasa sedih rindu akan kehidupan pendidikan seperti biasanya. Saat ini orang tua sudah tidak sedikit yang kelelahan dalam melayani pendidikan anak-anaknya, para guru sudah keliahatan jenuh diam dirumah, siswa sudah mulai keliahatan tidak betah dirumah lagi, banyak sekali rencana akhir tahun pelajaran yang hilang kesan, wisuda yang hampa, kelulusan yang kurang daya. Semua itu karena datangnya wabah corona.

Menurut penulis pendidikan lumpuh, orang tua lelah, siswa tidak berdaya ini menjadi pemikiran para pakar, pemerintah, dan semua yang jiwanya cinta terhadap pendidikan. Agar kita tidak bersedih hati peringatan hari pendidikan di tahun 2020 ini, maka hari pendidikan nasional tahun 2020 persi kami dengan tema “ Jadikan Covid 19 sebagai hikmah pentingnya meningkatkan kuaitas pendidikan di indonesia.”

SISTEM TERPADU PENDIDIKAN KESETARAAN BERBASIS ONLINE

Dalam upaya memberikan kemudahan para peserta dan tutor di pendidikan kesetaraan dan masuknya revolusi industri 4.0 maka PKBM BERLIAN terus membangun sistem terpadu pendidikan kesetaraan dengan berbasis online.

Kemampuan teknologi yang kami miliki sangat minim, karena kami belum memiliki programer, memang sangat banyak jas programer namun apa daya kami hanya Pendidikan Nonformal yang sangat berbeda jauh dengan pendidikan formal.

Langkah demi langkah terus diupayakan untuk membangun jaringan sistem dari mulai pendaftaran, pembelajaran, ujian, dan nilai siswa. Kami coba untuk memadukan dengan menggunakan sistem online, walaupun dalam bangunan online ini masih dalam tahap revisi dan perbaikan terus untuk menuju lebih baik.

Langkah awal kami membuat sebuah weblog  yang memberikan informasi tentang awal masuk ke jaringan yang lainnya adapun situs-situs yang kami buat diantaranya:

 Demikian langkah kami, semoga keserhanaan ini bagian langkah awal untuk maju dan lebih baik dipendidikan kesetaraan, dengan harapan semua peserta yang ada di PKBM BERLIAN mendapatkan kemudahan dan keberkahan dalam menuntut ilmu serta ilmu yang diterima dari PKBM BERLIAN bermanfaat untuk bekal di dunia menuju akherat. Aamiin.

BAGAIMANA BELAJAR DI PENDIDIKAN KESETARAAN (PAKET A, PAKET B, PAKET C), BAGI YANG SIBUK BEKERJA

Pemerintah sangat memperhatikan masyarakatnya dari pentingnya memiliki ilmu. Karena ilmu sebagai hasil olah pikir yang Allah berikan kepada manusia sehingga manusia dapat memiliki pengetahuan untuk kepentingan hidupnya.

Artikel yang dibuat saat ini tentang pertanyaan” Bagaimana belajar di Pendidikan Kesetaraan (Paket A, Paket B, Paket  C), bagi yang sibuk bekerja?

Perlu diketahui bahwa sistem pembelajaran di jalur pendidikan nonformal sangat berbeda dengan sistem pembelajaran di jalur pendidikan formal. Pembelajaran di jalur nonformal sangat lentur artinya dapat disesuaikan dan komitmen bersama antara peserta dan penyelenggara PKBM atau SKB dari mulai jadwal,proses dan sampai pada evaluasi belajar. Tabel di bawah ini memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran yang dilaksanakan di PKBM BERLIAN:

PembelajaranSeninSelasaRabuKamisJum’atSabtuMingguKeterangan Waktu
Tatap MukaYaYaSabtu    : (Pkl.13.00-16.00) Minggu : (Pkl: 08.00-14.00)
Tutorial OnlineYaYaYaYaYaYaYaPukul: 18.00-20.00 WIB Tutor Siap Melayani
MandiriYaYaYaYaYaYaYaDiatur Peserta Masing-Masing

Dari tabel di atas dapat digambarkan bahwa sistem pembelajaran sangat tergantung kepada komitmen peserta dengan pihak penyelenggara, dengan tujuan untuk menyelesaikan seluruh kompetensi yang harus di capai dengan sistem kredit kompetensi (SKK).

Semoga artikel ini memberikan informasi bagi yang membutuhkan tentang cara belajar di PKBM dengan peserta yang sibuk bekerja. Dan PKBM BERLIAN untuk Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah menyediakan sistem pembelajaran Daring/ atau E-Learning yang dapat di lihat di halaman berikut, silahkan anda Klik http://pjjpaketabc.wordpress.com/

APAKAH IKUT PAKET C LANGSUNG BISA UJIAN

Artikel ini merupakan jawaban dari sebuah pertanyaan “ Apakah ikut Paket C langsung bisa ujian” ? Dari pertanyaan masyarakat itu sangat prihatin mendengarnya, mungkin karena ketidatahuannya, menurut penulis sangat wajar. Karena paradigma berpikirnya mungkin masih 20 tahun kebelakang. Artikel ini diharapkan menjadi sebuah jawaban bagi masyarakat tentang Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C. Perlu diketahui oleh masyarakat yang bertanya-tanya tentang lamanya sekolah di jalur nonformal, jawabannya adalah tidak ada perbedaan antara jalur pendidikan nonformal dan jalur pendidikan formal. Tabel dibawah ini memberikan informasi tentang lama sekolah di pendidikan nonformal dan jalur pendidikan formal:

Jalur PendidikanLama Pendidikan Lama Pendidikan Lama Pendidikan
FormalSDSMPSMA/SMK/MA
 6 Tahun3 Tahun3 Tahun
NonformalPaket APaket BPaket C
 6 Tahun3 Tahun3 Tahun

Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan lama pendidikan antara pendidikan formal dan nonformal.

Semoga artikel ini menjadi pencerahan bagi masyarakat yang masih ingin tahun lama pendidikan di jalur noformal. Sebagai bahan pertimbangan bahwa bilamana ada sekolah di jalur pendidikan nonformal hanya beberapa bulan saja wajib dipertanyakan legalitas ijazahnya.

MAU SEKOLAH TIDAK ADA BIAYA, PENDIDIKAN KESETARAAN SOLUSINYA

Pendidikan harus tetap berjalan walaupun dalam suasana ekonomi yang tidak menentu, kesulitan untuk mencari nafkah sulit, usaha terhenti, ddan kegiatan lainnya pun semua terhenti.

Tahun pelajaran untuk masuk sekolah tinggal beberapa bulan, kondisi seperti ini menjadi semua gagal fokus, anak harus disekolahkan, tapi kondisi ekonomi sedang dalam keadaan tidak jelas. Keadaan tersebut dituntut untuk berpikir cerdas semua orang tua, bagaimana caranya agar anak tetap sekolah ekonomi terkendali.

PKBM BERLIAN salah satu jalur Pendidikan Nonformal yang berada di wilayah kecamatan Greged siap untuk membantu keadaan saat ini dalam menjembatani orang tua yang berkeinginan anak-anak nya tetap sekolah. Kami telah mempersiapkan untuk sistem pembelajaran Online dengan sistem yang telah dibangun agar semua kegiatan pembelajaran dapat terpenuhi.

Harapan kami pendidikan kesetaraan merupakan solusi tepat di era teknologi, kondisi ekonomi tidak menentu dan wabah covid19, semoga ini solusi tepat dan bagi kami bagian daripada ibadah. Untuk jelasnya, bagaimana cara pendaftaran dan informasi yang dapat diketahui lebih jelas silahkan buka halaman informasi kami di : http://pjjpaketabc.wordpress.com/

HANDPHONE CARA MUDAH UNTUK BELAJAR ERA TEKNOLOGI DI PKBM BERLIAN CIREBON

Handphone tidak asing bagi seluruh masyarakat dari tingkat sampai masyarakat tingkat bawah, sudah menjadi konsumsi harian dalam menggunakannya. Tetapi terkadang handphone akan berdampak negatif bagi pemiliknya apabila salah memanfaatkannya.

Handphone 15 tahun yang lalu hanya dimiliki oleh orang yang berstatus sosial tinggi, tapi saat ini anak kecilpun dengan handphone bukan barang asing digenggamannya. Tetapi orang tua perlu waspada dampak pengaruh dari teknologi tersebut.

Handphone sangat bermanfaat apabila dapat menggunakan sesuai kebutuhan, seperti yang dilakukan di PKBM BERLIAN setiap peserta didik yang memiliki handphone harus memiliki aplikasi schoology sebagai media untuk belajar secara online.

Era teknologi saat ini sangatlah diperlukan untuk diikuti tetapi bukan kita jadi terbawa pengaruh oleh teknologi. Dengan kondisi saat ini dengan berbagai macam masalah yang dihadapi pendidikan maka mulai tahun 2020 di PKBM BERLIAN akan memposisikan cara belajar online diutamakan dengan alasan memanfaatkan handphone para peserta didik dan mengantisipasi penyebaran wabah yang saat ini sedang booming didunia.

Sistem pembelajaran akan dibagi ke dalam tiga cara yaitu online, mandiri, dan tatap muka. Dan untuk online akan dilakukan selama satu minggu full dengan jadwal yang telah ditentukan. Dan untuk tatap muka akan dilakukan hanya 2 hari yaitu sabtu dan minggu itupun melihat situasi dan kondisi sesuai dengan peraturan yang diterbitkan oleh pemerintah.

Untuk full online saat ini dalam progress persiapan sementara menggunakan aplikasi biasa seperti whatsApp dan target mulai bulan juli cara online penuh sudah dapat dilakukan, sehingga peserta didik baru yang baru masuk langsung dihadapkan dengan sistem pembelajaran online. Dan bagi yang saat ini kelas 10 dan kelas 11 dalam tahap pembelajaran untuk menuju ke online penuh. Untuk melihat persiapan online penuh dapat diakses dihalaman http://pjjpaketabc.wordpress.com/