PKBM "BERLIAN" CIREBON

Galeri

PENDIDIKAN KESETARAAN BERPERAN DI ERA GLOBALISASI

Pendidikan terus ditingkatkan kwalitasnya baik dari segi mutu lulusan, pembiayaan, pengelolaan dan mutu tenaga pendidikanya. Disisi lain peningkatan mutu yang terus dilakukan tersebut tetapi dropout (DO), tidak melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya tidak berkurang malah mungkin juga bisa lebih banyak yang tidak dapat diperkirakan. Hal tersebut merupakan buah hasil dari pemikiran globalisasi yang telah menguasai dalam diri remaja masa kini. Selanjutnya bagaimana apabila permasalahan generasi penerus bangsa yang terus digerus pola pikirnya oleh globalisasi terutama teknologi informatika yang kurang tepat guna. Hal tersebut pasti telah disadari oleh berbagai pihak dengan melihat dengan mata kepala sendiri anak-anak kita sudah sungkan untuk membuka buku terlebih dibacanya, yang ada hanyalah chat dan chat dengan barang yang dipegangnya terus sampai memejamkan matapun masih tetap dalam genggamnya, apa itu Handphone, Tablet dll.

Pembangunan yang terus dilakukan demi kemajuan suatu bangsa tentu tidak akan lepas dengan kebutuhan sumber daya manusia, namun kebutuhan akan SDM tentu akan disesuaikan dengan legalitas pendidikan yang diampunya oleh seseorang yang berkeinginan untuk berperan dalam bidang yang akan digelutinya. Hal tersebut tidak sedikit yang menyesal dan merasa kecewa akan nasib yang dialaminya karena dibenturkan dengan pendidikan yang harus dimiliki sebagai syarat untuk bisa masuk dalam dunia kerja yang diharapkannya. Dan itu terjadi di era sekarang yang terus dialami oleh banyak orang.

Dengan berbagai fenomena dan kejadian yang menimpa banyak orang sehingga membuat tersadar bahwa pendidikan itu sangat penting dan perlu dimiliki bagi yang berkeinginan memasuki dunia kerja. Sehingga banyak yang mencari solusi agar dapat sejajar dengan kebutuhan dari pihak dunia kerja yang membutuhkan akan jasa tenaganya. Solusi yang dilakukan dan nyata tentu hanya melalui PENDIDIKAN KESETARAAN, baik PROGRAM STUDI PAKET A, PAKET B, DAN PAKET C. dengan hal tersebut dilakukan selesailah permasalahan yang menghantui hidupnya.

Bila kita tengok permasalahan yang terjadi pada anak remaja saat ini, yang sudah tidak sedikit berpikir irasional dalam menempuh pendidikan, yang sudah hilang dalam pikirannya akan kerja keras orang tua yang terus berusaha demi anak-anaknya dapat menyelesaikan pendidikan dengan berharap tidak terulang dimasa orang tuanya. Harapan demi harapan banyak orang tua yang kecewa dibuat oleh anak-anaknya, pengorbanan yang dikeluarkan sampai sia-sia. Tetapi saat ini kekecewaan orang tua tidak harus ditumpahkan kepada anak-anak kita yang sekaligus membiarkan untuk menjadi anak yang tidak memiliki status berijazah. Karena solusi masih banyak di kanan kiri kita yaitu dengan diarahkan pada PENDIDIKAN KESETARAAN.

Dari uraian di atas membuktikan bahwa tidak sedikit remaja dan orang tua yang bisa terhindar dari tidak berijazah, asalkan ada kemauan untuk belajar karena di PKBM dalam mengelola pendidikan kesetaraan tidak mengenal ruang dan waktu, sehingga dapat kami katakana bahwa PENDIDIKAN KESETARAAN BERPERAN DI ERA GLOBALISASI.

Akhir dari tulisan hanya kami sarankan apabila terjadi pada anak-anak kita atau kita sebagai orang tua membutuhkan setara dalam pendidikan pilihkan satuan pendidikan nonformal atau PKBM yang memiliki legalitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

PKBM YANG TERAKREDITASI DI KABUPATEN CIREBON TAHUN 2016

Upaya perubahan dalam menuju kwalitas PKBM terus dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, melalui Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUDPNF). Upaya adanya akreditasi PKBM adalah salah satu wujud nyata perhatian pemerintah terhadap pendidikan nonformal mulai terasa oleh lembaga PKBM. Karena dengan diberikannya penghargaan akreditasi artinya bahwa lembaga PKBM tidak lagi menjadi lembaga penyelenggaraan pendidikannya yang tidak berstandar melainkan saatnya bahwa pendidikan nonformal pun berstandar nasional.

Untuk menuju berstandar atau tidaknya suatu lembaga pendidikan nonformal khususnya PKBM maka dilakukan evaluasi diri melaui Badan akreditasi Nasional yang saat ini dilakukan oleh Badan Akreditasi Provinsi yang merupakan kepanjangan tangan dari Badan Akreditasi Nasional. Dari asil evaluasi (potret) yang dilakukan maka akan mengasilan grade akreditasi lembaga tersebut baik akreditas A, Akreditasi B, AKreditasi C, atau hanya terakrditasi.

Di Kabupaten Cirebon PKBM yang mengajukan dan diakreditasi tahun 2016 sejumlah 3 lembaga diantaranya: PKBM BERLIAN di Desa Gumulunglebak, PKBM AL GIFARI, dan PKBM BAITUL WILDAN. Dari ketiga lembaga PKBM tersebut sesuai dengan SK Badan Akreditasi Nasional PAUD DAN PNF tahun 2016 Nomor: 063/K/SK/AKR/2016 dihasilkan Keputusan Akreditasi sebagai berikut:

1.       PKBM BERLIAN

AKREDITASI B

Alamat: Jl. Perjuangan Kebondalem Desa Gumulunglebak Kecamatan Greged Kab. Cirebon

082317376608, 081312029889, 081911340489

2.       PKBM ALGIFARI

AKREDITASI C

Jl. Moh. Ramdah Blok 02 Rt. 06 Rw. 03, Kel.Bakung Kidul, Kec.Jamblang, Kab. Cirebon – Provinsi Jawa Barat

3.       PKBM BAITUL WILDAN

AKREDITASI C

Jl. Prabu Kiansantang  Rt.01 /09 Desa Sukadana  Kec. Pabuaran

LAMPIRAN SK:

akreditasi_jawabarat_tahap_4

Uraian di atas merupakan gambaran bahwa PKBM saat ini sudah berubah dan harus memiliki 8 standar pendidikan sehingga layak disebut dengan satuan pendidikan.

DATA CALON PESERTA UJIAN NASIONAL PENDIDIKAN KESETARAAN(UNPK) /UJIAN NASIONAL PENDIDIKAN KESETARAAN BERBASIS KOMPUTER (UNPK BK)DI PKBM BERLIAN CIREBON

Jumlah peserta UNPK/UNPKBK di PKBM BERLIAN Cirebon sudah memasuki pendataan validasi yang akan mengikuti Ujian tersebut. Persiapan terus dilakukan agar pada saatnya nanti peserta di  tidak gaptek dalam menghadapinya. Dan di bawah ini kami lampirkan data peserta UN yang akan mengikuti Ujian Nasional di tahun 2017:

Bagi calon peserta UN di PKBM BERLIAN dapat mengunduh atau melihatnya, dengan mengklik di bawah ini:

p2965338-berlian-201702020805

NISN SISWA KESETARAAN

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) biasanya dimiliki oleh siswa yang berada di sekolah jalur formal. namun saat ini siswa yang berada di jalur nonformal pun memiliki NISN. Alhamdulillah dari 183 siswa Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C yang telah mendapatkan NISN 102 siswa. Data siswa yang sudah mendapatkan NISN diantaranya dapat di lihat di bawah ini:

nisn-siswa-pendidikan-kesetaraan-siswa-paket-di-pkbm-berlian

PAKET C PKBM BERLIAN AKREDITASI B

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan memanjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT, Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga kita selalu ada dalam ridhonya, Aaamiin Ya Robbal’alamiin.

Dengan di keluarkannya surat Keputusan:

KEPUTUSAN BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL (BANPAUD DAN PNF)
NOMOR: 063/K/SK/AKR/2016
TENTANG PENETAPAN STATUS AKREDITASI PROGRAM DAN SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL DI BAP PAUD DAN PNF PROVINSI JAWA BARAT TAHAP 4 TAHUN 2016

Ditetapkan di : Jakarta Tanggal : 21 Desember 2016 Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal,
Dr. Ing. Ir. Boedi Darma Sidi, MSA.

Dari hasil keputusan tersebut, ditetapkan bahwa PAKET C PKBM BERLIAN dengan Status Akreditasi B, Semoga hasil ini menjadi tolak ukur kedepan untuk menuju lebih baik lagi.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh  rekan Guru (Tutor) Kesetaraan, Assesor, BAP Provinsi Jawa Barat, Dan Instansi terkait sehingga kami mendapatkan Status Akreditasi tersebut.

Semoga Pendidikan Kesetaraan Kedepan lebih Baik Lagi

BERKARYA, BERBAKTI, PEDULI.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

TTd

Pimpinan PKBM BERLIAN

Samsi,S.Pd.,M.Pd.

Hasil Akreditasi PAUD Dan PNF Jawa Barat Tahun 2016

Akreditasi PKBM merupakan potret dari sebuah lembaga dengan mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan, Dengan dikeluarkannya penilaian tersebut merupakan bentuk nyata bahwa lembaga keberadaannya sesuai dengan tujuan dari Pendidikan Nasional. Di bawah ini anda bisa download hasil akreditas PAUD dan PNF Provinsi Jawa barat Tahun 2016 dengan 5 tahap. Bagi yang membutuhkan  silahkan:

  1. akreditasi_jawabarat_tahap_1
  2. akreditasi_jawabarat_tahap_2
  3. akreditasi_jawabarat_tahap_3
  4. akreditasi_jawabarat_tahap_4
  5. akreditasi_jawabarat_tahap_5